Selasa, 12 Januari 2010

SIKAP MENERIMA (QONA’AH)

SIKAP MENERIMA (QONA’AH)

“ Dan sesungguhnya Rabb telah menyiapkan rizki kepada yang Dia kehendaki, dan Dia akan memberikan rizki kepada orang tersebut sesuai dengan kesanggupannya. Karena sesungguhnya Dia mengetahui dan memperhatikan hamba-hamba-Nya.” (al-Isra’: 30)


Open Your Mind

Kita selalu merasakan kekurangan dengan apa yang kita miliki. Kita ingin selalu memiliki lebih banyak dari orang lain. Kita ingin dikatakan dan disebut-sebut orang yang paling kaya; bukankah perasaan seperti itu sering muncul dan menggoda kita?

Salah satu ciri manusia selalu merasa kurang dan selalu ingin memiliki lebih. Dengan perasaan seperti itu manusia kemudian terdorong untuk terus bekerja keras dan berusaha memenuhinya. Tapi anehnya, ketika manusia mendapatkan apa yang diinginkannya dia pun selalu masih kurang.

Apa yang bisa menghentikan manusia dari perasaan berkekurangan terus menerus hanyalah sifat qanaah; mengayakan hati. Mengayakan pikiran, Mengayakan perasaan.

Cobalah berhenti sejenak dan renungkan! Bukankah orang yang kaya pun tidak lebih memiliki perasaan lebih miskin dari kita. Mereka harus memikirkan berbagai tagihan; kartu kredit, kredit mobil, rumah, telepon dan lain-lain.

Maka sekali-kali berbagilah cerita dengan teman kita yang kaya. Pasti kita bias tercengang dengan keluhan-keluhan mereka. Mereka juga memiliki persoalan yang tidak lebih berat dari kita.

Dan sesungguhnya kepemilikan material berupa rizki sudah diatur allah Subhanahu wata’ala dengan segala sifat welas asih dan kasih saying-Nya serta Maha berkebijakan dan Maha berkearifan, A llah mengetahui apa yang terbaik untuk kita.

So, kalau begitu, apakah tidak lebih baik kita mulai sekarang coba mengayakan hati, pikiran dan perasaan kita dulu sebelum mengayakan diri dengan hal-hal yang bersifat materi? Menjadi qanaah aktif, sehingga hidup terasa lebih ringan dan nyaman! Bagaimana?


“ Uji kewarasan adalah jika kita bisa menerima kehidupan apa adanya” (Lao Tzu)


Semoga Bermanfaat,

^^BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar