Selasa, 12 Januari 2010

AQIQAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Apa kabar temen-temen? Moga sehat selalu. Semoga kita selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita, tanpa kita memintanya. Diantara nikmat-Nya adalah mata yang merupakan jendela kita untuk melihat dunia yang luar biasa indahnya. Juga telinga yang dengannya kita bisa mengetahui indahnya suara burung berkicau di pagi hari, desiran angin sepoi-sepoi yang membelai dedaunan dan wajah kita ketika kegerahan. Sungguh semua telah Allah tundukkan untuk kita semua. Nikmat Rabb-mu yang manakah yang kamu dustakan!

Salam serta shalawat tidak lupa kita haturkan kepada junjungan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, keluarga beserta sahabatnya.

Untuk kesempatan kali ini sesuai permintaan dari seorang sahabat, kami akan membahas mengenai;

AQIQAH

Pengertian Aqiqah
Aqiqah adalah domba (kambing) yang disembelih untuk bayi yang baru lahir yaitu pada hari ketujuh dari kelahiran.

Hukum Aqiqah
Aqiqah hukumnya sunnah muakadah bagi orang tua/wali bayi jika mampu untuk melaksanakannya, berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya:

“Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, disembelih (aqiqahnya) bagi dia pada hari ketujuh (dari kelahirannya), dinamai dia dan dicukur rambutnya.” (HR. Imam Ahmad: 5/8, 12 dan An-Nasa’i: 7/166, dan dishahihkan lebih dari satu orang)

Hikmah Aqiqah
Aqiqah merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah setelah dikaruniai seorang anak dan sebagai wasilah kepada Allah Subhanahu wata’ala untuk menjaga dan melindungi bayi yang dilahirkan.

Hukum-hukum Aqiqah:
1. Kondisi kesehatan dan usia hewan aqiqah.
Apa yang diperbolehkan dalam berqurban dari segi umur dan kondisi fisik, dan apa yang tidak diperbolehkan untuk berqurban juga tidak diperbolehkan untuk aqiqah.
2. Memakan sebagian dan membagikannya sebagian.
Dianjurkan untuk membaginya sebagaimana pembagian dalam daging kurban, memakan sebagian darinya, mensedekahkan dan menghadiahkan sebagian lainnya.
3. Hal yang dianjurkan pada hari aqiqah.
Disunnahkan aqiqah untuk laki-laki dengan dua ekor kambing karena Rasulallah Shallahu ‘alaihi wasallam menyembelih dua ekor kambing (untuk aqiqah) Hasan. (HR. At-Tirmidzi, dan dia menshahihkannya)
(Dan untuk anak perempuan satu ekor kambing-red)

Dianjurkan juga untuk memberi nama pada hari ketujuhnya, dengan nama yang terbaik, dan dianjurkan untuk mencukur rambutnya dan bersedekah dengan emas dan perak yang diukur dari berat rambutnya atau disesuaikan dengan uang. Sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadits ketika Rasulallah Shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, disembelih (aqiqahnya) bagi dia pada hari ketujuh (dari kelahirannya), dinamai dia dan dicukur rambutnya.” (HR. Imam Ahmad: 5/8, 12 dan An-Nasa’i: 7/166).

4. Adzan dan iqamah di telinga anak yang dilahirkan.
Para ulama menganjurkan untuk adzan di telinga kanan bayi dan iqamah di telinga kiri dengan mengharap perlindungan Allah Subhanahu wata’ala dari gangguan jin. Sebagaimana diterangkan dalam sebuah riwayat:
“Barang siapa yang telah mendapat kelahiran anak, maka dibacakan adzan di telinga kanannya dan iqamah di telinga kirinya, maka anak tersebut tidak akan diganggu ummu sibyan (jin).” (Disebutkan oleh Ibnu As-Suni secara marfu’: 617 dan Imam An-Nawawi menyebutkannya di dalam Al-Adzkar: 253, juga penyusun At-Talkhis namun dia tidak berkomentar).

Apabila telah lewat tujuh hari belum menyembelih aqiqah, maka sah untuk menyembelih pada hari keempat belas atau hari keduapulu satu, dan jika bayi itu meninggal sebelum hari ketujuh tidak perlu aqiqah baginya.

Wallahu A’lam,
Semoga bermanfaat.
^^BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI^^

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Sumber: MINHAJUL MUSLIM-Pedoman Hidup Ideal Seorang Muslim, Abu Bakar Jabir Al-Jaza’iri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar