Selasa, 12 Januari 2010

SESUNGGUHNYA JUJUR ITU MENIMBULKAN KETENANGAN

Assalamu’alaikum warahnatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wata’ala yang hanya kepada-Nya kita bergantung dan berserah diri.

Salam serta shalawat semoga tetap kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, beserta keluarga dan sahabatnya.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam surat At-Taubah ayat 119 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.”

Sahabat yang dirahmati Allah, termasuk orang-orang yang benar adalah mereka yang selalu berkata jujur dalam kesehariannya. Tiada kata yang terucap kecuali hanya yang benar dan jujur keluar dari hatinya. Bukan perkataan dusta yang direkayasa dan dibuat-buat untuk mengundang simpati dan pembelaan.

Sahabat, kadang memang kejujuran menyakitkan bagi sebagian orang, karena mereka merasa terhina karena ketahuan aibnya, namun demi kebenaran kejujuran adalah keniscayaan. Dengan jujur orang juga bisa diamuk massa, makanya mereka lebih suka berkata dusta untuk menyelamatkan dirinya.

Namun bagi orang yang beriman, lebih baik dibenci karena kita telah berkata jujur, dari pada dipuja namun hati terbungkus dusta, yang pada akhirnya bagaikan bangkai yang sepintar apapun kita menyimpannya, akan tercium juga.

“Abu Muhammad Al-Hasan bin Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anh ia berkata: Saya menghafal beberapa kalimat dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, yaitu: “Tinggalkan apa yang kamu ragukan dan kerjakanlah apa yang tidak kamu ragukan. Sesungguhnya jujur itu menimbulkan ketenangan dan dusta itu menimbulkan kebimbangan.” (HR. Tirmidzi)

Sahabat, jika kita sudah tahu bahwa jujur bisa membuat kita tenang, alangkah baiknya mulai sekarang kita jujur dalam setiap perkataan dan perbuatan. Jujur pada diri sendiri terlebih jujur pada orang lain. Dan sekuat tenaga menghindari perkataan yang dusta dan sia-sia. Semoga Allah senantiasa menunjuki kita semua untuk menapaki jalan-Nya yang di ridhai. Amin.

Wallahu a’lam.
Semoga bermanfaat.

^^BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI^^

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Sumber:
Kumpulan Hadits Riyadhus Shalihin Edisi Kantong, Imam An-Nawawi dengan beberapa tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar