Selasa, 12 Januari 2010

IDUL FITRI PENDAKIAN SPIRITUAL

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kaum muslimin dan muslimat di seluruh dunia berbahagia karena telah berhasil memenang kan pertarunagn melawan hawa nafsu selama sebulan penuh. Kemenangan ini didemonstrasikan dengan berbondong-bondongnya umat islam menuju masjid-masjid, lapangan, maupun mushalla untuk melaksanakan shalat 'Id berjamaah.

Namun dibalik kebahagiaan itu terselip perasaan harap-harap cemas, apa kita, umat muslim telah menang dalam arti yang sesungguhnya, atau mungkin hanya sekedar melaksanakan puasa untuk membayar kewajiban kita sebagai seorang muslim.

Kita juga cemas, karena tidak ada jaminan, apakah kita masih diberikan Allah kesempatan untuk menikmati Ramadhan tahun depan.

Idul Fitri menyentakkan dan menyadarkan manusia dari kungkuangan nafsu duniawi. Kesadaran ini pada giliranya akan mengantrkan manusia pada kesadaran terhadap nilai-nilai kemanusiaannya. Ia berusaha mengangkat kembali nilai-nilai insaniahnya yang selama ini terabaikan. Ia pun kembali pada asal penciptaan (fitrah)

Idul Fitri adalah buah dari proses pencerahan manusia selama puasa. Dengan pencerahan ini, manusia akan mengisi hari-hari berikutnya lebih berkualitas dari sebelumnya.

Pada hari raya Idul Fitri ini seluruh umat islam bergembira. Mereka menebar senyum kepada sesama dan saling memaafkan. Tidak ada lagi dendam dan permusuhan.

Orang yang telah kembali ke fitrahnya akan meningkatkan segala motivasi neramalnya, selain itu, segenap aktivitasnya bukan lagi karena mengharap surga atau takut kepada azab neraka Allah, melainkan karena mengharap keridhaan-Nya semata. Selain itu kesalehan sosialnya meningkat seiring dengan meningkatnya kesalehan personalnya.
Inilah semangat Idul Fitri yang perlu kita kobarkan terus.

Wallahu a'lam.
^^BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI^^

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

#BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILLAHI#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar