Kamis, 28 Januari 2010

# Keutamaan Membaca Al-Qur’an.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Apa kabar temen-temen? Semoga tetap semangat dalam beramal sesuai kemampuan kita masing-masing. Semoga Rahmat Allah selalu menyelimuti kita semua.

Salam serta shalawat semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, keluarga beserta sahabatnya.

Ikhwah fillah yang kami cintai karena Allah, untuk hari ini dan beberapa hari kedepan kita akan membahas mengenai “Keutamaan membaca Al-Qur’an, Etika, juga amalan hati ketika membacanya”.

# Keutamaan Membaca Al-Qur’an.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Barang siapa yang membaca Al-Qur’an, kemudian ia menganggap bahwa ada orang lain yang diberi keutamaan lebih dari padanya, maka sungguh ia telah meremehkan apa yang dianugerahkan kepada Allah Subhanahu wata’ala kepadanya.” (HR Thabrani).

Beliau juga bersabda:
“Tidak ada pemberi syafaat yang lebih utama kedudukannya di sisi Allah Subhanahu wata’ala pada hari kiamat nanti dari pada Al-Qur’an; bukan seorang nabi, malaikat, ataupun yang lainnya.” (HR Muslim dan Darimi).

Dalam hadits yang lain, beliau bersabda:

“Sungguh, Allah Subhanahu wata’ala telah membaca surat Thaaha dan Yasin dua ribu tahun sebelum menciptakan makhluk-Nya. Ketika Malaikat mendengar Al-Qur’an, mereka berkata, “Sungguh beruntung umat yang diturunkan Al-Qur’an kepada mereka, raga yang telah mengamalkan (kandungan Al-Qur’an), dan lisan yang membacanya.”” (HR Darimi).

Temen-temen, betapa agung keutamaan membaca kitab suci Al-Qur’an. Ia akan menjadi syafaat kelak pada hari kiamat bagi orang yang gemar membaca dan mengamalkannya. Ia menjadi pelipur lara bagi hati yang gundah, obat mujarab bagi hati yang dilanda sakit. Banyak manfaat yang bisa kita ambil yang semua itu takkan habis terurai di lembaran sempit ini.

Semoga kita semua bisa istiqomah dalam membaca, mengkaji, memahami dan syukur bisa mengamalkan kitab yang juga merupakan “Surat cinta” teragung dari Allah yang Maha Agung.

Wallahu a’lam.
Semoga bermanfaat.


^^BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI^^


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Sumber: Mukhtashar Ihya Ulumuddin, Imam Ghazali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar