Senin, 11 Januari 2010

BAHAYA PENYAKIT HATI

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Apa kabar temen-temen? Semoga kita semua diberi kekuatan oleh Allah Subhanahu wata’ala agar senantiasa bisa menjaga hati kita agar tetap sehat, dan terlindungi dari bahaya penyakit hati.

Nah, untuk kali ini kita akan belajar mengenai “Bahaya Penyakit Hati”
Ketika anggota tubuh terasa sakit, manusia akan hidup dengan rasa sakit dan penuh tekanan; dan kehidupan pun menjadi sulit baginya. Begitu pula ketika manusia menderita salah satu diantara penyakit-penyakit hati, sesungguhnya itu lebih jauh, menggambarkan kesulitan-kesulitan yang akan dihadapinya setelah kematian.
Sakit gigi misalnya, akan berakibat lupanya manusia pada hal-hal menyenangkan dan tercegahnya hati dan jiwanya dari setiap kelezatan hidup. Begitu juga rasa sakit yang timbul dari kebodohan, kesombongan, iri hati, mementingkan diri sendiri, dan seluruh penyakit kejiwaan lainnya akan mendatangkan pengaruh-pengaruhnya bagi manusia.

Dosa Hati Berasal dari Penyakit Hati

Setiap dosa yang dilakukan seseorang bersumber dari hati yang sakit. Dengan demikian, wajib bagi setiap individu untuk berusaha mengobati penyakit hatinya. Atau, dengan kata lain, lebih mementingkan kesehatan hatinya dari pada kesehatan tubuhnya.

Sebuah syair dari Persia:
Tubuh yang buruk terjadi karena hati yang rusak,
Zalimnya pasukan, dalil akan lemahnya sang raja.
Tentang orang-orang yang berma’rifah (ahl al-ma’rifah), Amirul Mukminin Ali berkata, “Mereka melihat ahli dunia (orang yang mementingkan dunia-penerj) membesar-besarkan kematian jasadnya, sementara mereka sendiri lebih membesar-besarkan kematian hati-hati mereka”.

Itu tidak lain, kecuali lantaran mereka tahu bahwa kematian tubuh adalah tercerabutnya kelezatan-kelezatan dari sebagian hari-harinya di dunia ini, sementara matinya hati adalah tercerabutnya seluruh kebahagiaan abadi dan kelezatan-kelezatan khusus serta lepasnya kehidupan manusiawi nan suci , di dunia dan akhirat.
Penderitaan Masyarakat lantaran Penyakit Hati

Pelbagai macam kezaliman, seperti pertumpahan darah, penyelewengan seksual, pencemaran moral, beragam ketidaksenonohan, kecanduan obat-obat terlarang, kerusakan rumah tangga, maraknya perceraian, sadisme, meningkatnya tindak bunuh diri dan sebagainya merupakan buah dari tidak sehatnya jiwa dan merosotnya nilai-nilai insaniyah. Sudah menjadi kewajiban orang-orang yang mempunyai otoritas dalam melakukan tindakan darurat untuk mengerahkan segala kemampuannya yang akan bermanfaat dalam upaya memulihkan kesehatan jiwa umat manusia, sehingga agar mereka akan memperhatikan hal tersebut lebih ketimbang perhatiannya pada kesehatan tubuh.

Kita hanya bisa berdoa, semoga kita semua diberikan taufik serta hidayah oleh Allah Subhanahu wata’ala, sehingga bisa sebaik mungkin merawat hati kita supaya terhindar dari penyakit-penyakit hati yang membawa kesengsaraan di dunia terlebih di akhirat.
Semoga bermanfaat,

#BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI#

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber: Qalbun Salim, Abdullah Husain Dasteghib.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum admin,

    Perkongsian yang menarik. Thanks. (^_^)

    BalasHapus