Minggu, 21 Maret 2010

Anjuran memperbanyak Kebaikan di Akhir Usia.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Apa kabar saudaraku, maafkan jika beberapa lama melewatkan waktu untuk menyapamu, berbagi ilmu. Semoga Allah mengampuni dosa-dosaku dan semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepadamu dan juga kepadaku, kepada kita semua.

Salam serta shalawat semoga tetap atas junjungan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam beserta keluarga dan sahabat beliau.

Untuk kali ini perkenankan kami menyampaikan masalah;

Anjuran memperbanyak Kebaikan di Akhir Usia.

Allah Subhanahu wata’ala telah berfirman yang artinya:
“Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir, dan (apakah tidak) datang kepadamu pemberi peringatan?” (Al-Faathir : 37)

Dalam haditsnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda:
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anh, dari Nabi Muhammad Shallahhu ‘alaihi wasallam beliau bersabda, “Allah telah memberi kesempatan kepada seseorang yang dipanjangkan usianya sampai enam puluh tahun.” (HR Bukhari).

Sahabat…, kita tak akan pernah tahu kapan jatah usia kita berakhir. Ada yang oleh Allah diberi kesempatan hingga usia enam puluh tahun atau lebih sebagai mana rata-rata usia umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Namun begitu tidak jarang pula Allah memanggil hamba-Nya ketika masih muda belia.

Beruntunglah bagi orang-orang yang bisa peka dan menyadari akan tanda-tanda datangnya kematian, diantaranya ketika datang sakit, uban yang mulai tumbuh di kepala, kulit yang semakin keriput di makan usia senja dan tanda-tanda lainnya.

Berbahagialah bagi mereka yang bisa mempergunakan setiap kesempatan yang diberikan berupa umur untuk terus memperbanyak kebaikan, mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya untuk kita pulang ke kampung akhirat, kampung halaman yang hakiki, bertemu dengan sang Kekasih pujaan hati yaitu Allah yang Maha Kasih.

Semoga Allah Subhanahu wata’ala senantiasa melimpahkan rahmat, taufik serta hidayah-Nya kepada kita semua. Amin ya Rabbal ‘alamiin.

Wallahu a’alam, semoga bermanfaat.

^^Bersihkan hati menuju ridha Ilahi^^

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Sumber: Kumpulan Hadits dari Riyadhus Shalihin, Imam An-Nawawi dengan beberapa tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar